19 Mei beberapa tahun silam

19 Mei beberapa tahun silam

- in Taujih
693
0
IMG-20150520-WA0000

Hari ini 19 Mei 2015, masa telah lama berlalu tetapi ingatan dan pelajaran utk masa kini dan mendatang terus menguat..

 

Satu, kisah kecerdasan..

 

19 Mei 1453, di luar kota Konstantinopel, sultan Mehmed II (belum bergelar Fatih, sang pembebas) sibuk mengatur pasukannya..

 

Setelah sebulan lebih mengepung ibukota Byzantium ini, tanda-tanda keletihan sudah mulai nampak. Situasi menjadi genting dan keputusan diambil utk membangun jembatan ponton darurat di atas Haliç (the Golden Horn). Jembatan ini dipakai utk memindahankan meriam divisi Zaganos Paşa guna menggempur dinding Istana Blachernae yg mulai rapuh. Sebagian dinding pertahanan di zona ini sdh runtuh di awal Mei akibat serangan bawah tanah kesatuan Serbia yg loyal kepada Mehmed II.

 

Dua, kisah kesatuan..

 

19 Mei 1565, mendaratlah 22 ribu pasukan dari kapal-kapal armada Turki Utsmani setelah berlayar meninggalkan galangan Yedikule, Istanbul, pada 30 Maret.

 

Sebenarnya armada ini telah sampai di Malta sehari sebelumnya. Adanya perbedaan pendapat antara Mustafa Paşa dan Piyale Paşa tentang titik pendaratan membuang waktu yg begitu berharga. Mustafa Paşa, pimpinan angkatan darat melihat perlunya menguasai kota-kota lain di Malta sebelum menyerang pelabuhan utama. Sedangkan, Piyale Paša, pimpinan angkatan laut, lebih menyukai serangan frontal ke pelabuhan utama.

 

Tiga, kisah ketegasan..

 

19 Mei 627, yahudi suku Qurayza telah dikepung sejak 27 April dan telah mengalami kejatuhan mental. Pengepungan ini adalah balasan atas keculasan mereka membokong Madinah ketika terancam dari Pasukan Ahzab.

 

Rasul SAW mengutus Sa’d ibn Muadz (RA) sebagai wakilnya utk memutuskan hukuman yg paling setimpal atas pengkhianatan tsb.

 

Agung Waspodo

Depok, 19 Mei 2015

Ilustrasi kiri bawah adalah jembatan ponton pada pengepungan kota Baghdad oleh Mongol, 1258, karya Rasyiduddin – Jami’ at-Tawarikh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *