Belimbing Dewa icon kota Depok

Belimbing Dewa icon kota Depok

- in Kuliner
1390
0
Belimbing Dewa icon kota Depok

DEPOK- Belimbing Dewa yang menjadi ikon Kota Depok, Jawa Barat ternyata memiliki prestasi dunia, bahkan menjadi salah satu sajian utama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam menyambut tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta.
Ketua Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kota Depok Rinin saat ditemui di Pusat Koperasi Pengembangan dan Pengolahan Belimbing Dewa di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Bogor, Senin (26/4); mengatakan, buah ini menjadi andalan para petani.
Asal ada tamu negara, pihak Istana selalu memesan parsel belimbing dewa dari Depok, kata Rinin.
Menurut Rinin, Belimbing Dewa sudah sejak lama dipromosikan sebagai buah andalan Indonesia ke berbagai negara di dunia. Bahkan, belimbing dewa yang dicanangkan Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail sebagai ikon Kota Depok sejak tahun 2007, telah menjadi juara dunia dalam kontes internasional di Singapura sebagai belimbing terbesar dan terberat di dunia.
Buah unik kebanggaan Kota Depok ini berhasil menyisihkan belimbing asal Australia, Belanda, dan Malaysia dengan berat mencapai 8,6 ons per buah. Tahun 2008, Belimbing Dewa Depok berhasil menjadi juara dunia, katanya lagi.
Belimbing Depok memiliki keunggulan dari segi bentuk dan rasa. Dengan ukuran yang besar membuat buah belimbing berpotensi bersaing secara global. Karenanya, kata Rinin, potensi pertanian belimbing di Kota Depok merupakan sumber penghidupan yang dapat diandalkan petani belimbing yang saat ini jumlahnya telah mencapai 753 petani.
Namun, kata Rinin, tidak semua petani di Kota Depok ikut bergabung dengan koperasi petani belimbing, melainkan hanya 374 petani yang terdaftar ikut koperasi, katanya.
Dikatakan Rinin, dukungan Pemerintah Kota Depok dalam pengembangan budidaya belimbing dinilai cukup tinggi. Beberapa bantuan telah disalurkan langsung kepada petani baik berupa barang maupun dana untuk pengembangan.
Selain itu, Pemkot Depok juga telah menunjuk wilayah Kelurahan Pasir Putih sebagai wilayah agrowisata belimbing di Kota Depok. Bahkan sebagai bentuk promosi, Pemkot Depok dalam waktu dekat akan mengadakan aksi bagi-bagi belimbing di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.
Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan ikon belimbing sudah begitu dihargai keberadaannya oleh pemerintah. Penghargaan tersebut tidak hanya berupa permodalan, tetapi, bentuk-bentuk lainnya yang juga menopang terhadap keberadaan tanaman belimbing di Kota Depok.
Peran pemerintah sudah banyak dalam mendukung petani belimbing. Seperti penyaluran bibit, pelatihan tentang pengolahan belimbing, pembentukan kelompok kerja khusus untuk belimbing, dan permodalan, kata Nur.
Nur menegaskan, ikon belimbing itu sudah diperkenalkan ke khalayak melalui berbagai karya. Misalnya, dalam bentuk souvenir cantik, yang oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok pernah dihargai sebagai pemenang dalam lomba kerajinan di Kota Depok. Bahkan, lima dari 10 desain batik khas Depok berlambangkan belimbing.
Dia mengungkapkan, tingginya kepedulian pemerintah untuk menjaga ikon tersebut juga ditunjukkan dengan dijadikannya area belimbing di Kecamatan Sawangan sebagai wisata belimbing.
Untuk memanfaatkan ikon kota tersebut, dia mempersilakan warga Depok untuk bisa berkreasi menghasilkan karya, seperti membuat liontin dari belimbing, cincin dari belimbing, dan kreasi lainnya yang bisa meningkatkan perekonomian warga.
Silakan berkreasi dan berinovasi, pungkasnya. (andi-pelita.or.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *