Idris : Film Merupakan Salah Satu Media Pendidikan

Idris : Film Merupakan Salah Satu Media Pendidikan

- in Parlementaria
757
0
 PKSDEPOK – Wakil Walikota Depok Idris Abdul Shomad yang juga Ketua Tim Pembina UKS (TP UKS) Kota Depok, mengatakan satu diantara tiga Trilogi UKS adalah pendidikan dan Film. Film juga merupakan salah satu media pendidikan. Hal tersebut dikatakan Idris saat menghadiri acara Pemutaran Film 10 Finalis Festival Film Pendek, di Ruang Theater Perpustakaan Kota Depok belum lama ini.
“Film merupakan salah satu media pendidikan. Melalui film kita dapat menyampaikan berbagai pesan. Seperti kali ini, kita dapat menyampaikan pesan kesehatan, dengan tema Kawasan Tanpa Rokok (KTR),”ujar Idris.
Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Kesehatan (Kabid PSDK) Hidayat, Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Kasi Promkes) Tri Wahyuningsih, Tim Juri, serta finalis Festival Film Pendek.
Kepala Seksi Promkes, Tri Wahyuningsih menjelaskan bahwa Festival Film Pendek ini diselenggarakan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-51 Kota Depok. Selain Festival Film Pendek juga diselenggarakan Festival Band untuk SMA/Sederajat se-Kota Depok. Maksud dan tujuan dari acara tersebut diantaranya untuk menyampaikan informasi atau pesan kesehatan.
“Tema Hari Kesehatan Nasional 2015 yakni Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri, dimana bagian dari generasi yakni remaja, sehingga sasaran kegiatan kita khususnya remaja/pelajar SMA/Sederajat se-Kota Depok. Dan dalam menyampaikan pesan kesehatan, kita masuk melalui media yang disukai remaja yakni media film dan music, melalui kegiatan Festival Film Pendek dan Festival Band,” jelas Kasi Promkes.
Peserta Festival Film Pendek sebanyak 16 tim/kelompok, dari 15 sekolah (ada 1 sekolah yang mengikutsertakan 2 tim/kelompok). Dari 16 tim tersebut, terpilihlah 10 besar untuk diputar filmnya dalam acara nonton bersama di Ruang Theater Perpustakaan Kota Depok. Setiap film berdurasi kurang lebih 10 menit dengan tema KTR.
Nantinya dari 10 film tersebut akan dipilih 5 film favorit yang akan dipilih oleh para penonton dalam acara nobar. Sementara itu, telah dipilih 3 besar, juara 1, 2 dan 3 oleh Tim Juri yang terdiri dari Wakil Rektor 2 IKJ, Subagyo, Praktisi dan Pengamat Film dari Kastara News Film, dan dari Disporaparsenbud, Tyo. Pemenang akan diumumkan pada Sabtu, 28 November 2015, di Halaman Balaikota Depok dalam acara Gebyar Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2015 Tingkat Kota Depok. Dan para pemenang akan mendapatkan uang pembinaan serta piagam. (Ro/ccm)
 Sumber :PKSDEPOK.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *