PEK UPPK Kukusan Berdayakan Perempuan dengan Sulam Perca

PEK UPPK Kukusan Berdayakan Perempuan dengan Sulam Perca

- in Komunitas, Struktur
470
0
IMG-20170423-WA0001

DEPOK (22/4)– Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Unit Perempuan dan Pemberdayaan Keluarga Kukusan mengadakan Pelatihan Sulam Perca Dasar, Sabtu, 22 April 2007. Pelatihan ini bekerjasama dan bertempat di RB Haniya, Kukusan. Pelatihan ini di hadiri oleh 18 orang ibu dan remaja putri.

“Banyaknya barang tak terpakai disekitar kita. Salah satunya bahan bekas seperti perca bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan barang bernilai ekonomis. Pelatihan ini bertujuan menambah nilai guna pada barang bekas. Ibu-ibu kreatif yang selalu terupdate melahirkan sulam perca yang indah.
Yang bisa nambah uang jajan kita sehingga kita lebih berdaya”, ujar Ketua Bidang UPPK Kukusan, Rahma Kurnia.

Dilain kesempatan Rahma juga mengatakan bahwa Pelatihan Sulam Perca ini sebagai program pendukung Bank Sampah yang dalam waktu dekat akan berdiri di Kukusan.

“Insya Allah setelah pelatihan ini bisa lebih mengisi waktu luang kita dan bisa menghasilkan”, jelas Irma Yunita,Kepala RB Haniya.

Pelatihan Sulam Perca menghadirkan crafter depok yang juga produsen mukena sulam perca Taqiyya, Laily Afriani. Sulam perca selain buat hiasan juga dapat untuk menyiasati pakaian anak yang masih bagus tapi ada sobek kecilnya, kata Laily.

IMG-20170423-WA0003

Kerajinan Sulam Perca telah menembus pasar ekspor Jepang sejak tahun 2011, oleh label Caremommies, yang pemiliknya juga crafter dari Depok.(sz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *