PKS Tanah Baru dukung program RT layak anak Pemkot Depok

PKS Tanah Baru dukung program RT layak anak Pemkot Depok

- in Komunitas
404
0
852117960_93226

Pada hari Ahad, 5 maret 2017 berlangsung peluncuran Taman Bermain Anak di wilayah RT06/04 perumahan arroyan Tanah Baru Beji depok.

Program Ramah Anak adalah bagian dari pencanangan Program Kota Layak Anak yg merupakan bagian dari PemKot Depok. Untuk mensukseskan program tersebut, DPRa PKS Tanah Baru dengan menggandeng warga setempat berupaya untuk mewujudkan dari lingkungan pemerintahan terkecil yaitu dari Rukun Tetangga dimana didalamnya ditemui banyak terdapat anak- anak yang perlu diperhatikan tumbuh kembangnya bukan hanya dari sisi materi namun juga dari sisi pergaulan di lingkungan.

Program RT Ramah Anak merupakan program yang di desain untuk membuat kenyamanan bagi anak dalam berinteraksi di lingkungannya.

Fungsi dari program RT ramah anak yang pertama adalah hak sipil dan kebebasan agar anak mendapatkan akta kelahiran dan kartu identitas. Kedua, hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif. Ketiga adalah hak pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan sosial budaya. Keempat, hak kesehatan dasar dan kesejahteraan, sedangkan yang terakhir adalah hak perlindungan khusus.

Pada kesempatan ini baru selesai di bangun sarana Taman Bermain dimana wahana permainannya mendapat bantuan dari PemKot Depok. Pada saat launching taman bermain di awali dengan acara Berkisah Penggugah Jiwa tentang Kisah sahabat sahabat Rasul yg di sampaikan oleh Kak Jun. Alhamdulillah antusias anak anak sangat banyak.

852108890_149689

Di RT ramah anak tempat kami RT 06/04 juga di terapkan program 1820 dimana pada setiap azan magrib semua warga bergegas ke Mushola. Habis azan anak wajib kembali ke rumah masing2 dimana saat aktifitas 1820 anak anak dan orang tua dilarang menggunakan gadget dan dilarang menonton TV. kegiatan diisi dengan proses belajar mengajar dan interaksi dengan keluarga masing-masing.

Program ramah anak juga membuat kegiatan vatiatif seperti NoBar (nonton bareng) Film islami ataupun film yang positif, kegiatan mabit, camping dan workshop tentang sosmed yg positif.

Di harapkan dengan adanya Taman Bermain anak anak sudah ada tempat untuk saling berinteraksi dan tempat saling ber ekpresi. (Fm)

About the author

mk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *